Cara Belajar Ilmu Teknik Sipil

Posted by Taufick Max Wednesday, January 23, 2013 5 comments
Share on :

Cara Belajar Ilmu Teknik Sipil

Belajar Ilmu teknik Sipil

Seperti yang telah dibahas sebelumnya pada Artikel Tentang Teknik Sipil, bahwa Ilmu sipil yaitu Ilmu yang mempelajari tentang bagimana Merancang,membangun dan merenovasi bangunan Konstruksi untuk kebutuhan manusia. untuk memperlajari Ilmu Teknik Sipil sama halnya dengan mepelajari Ilmu pengetahuan lain yaitu butuh ketekunan dan kemauan belajar yang besar. karena kemauan belajar yang besar akan membuat masalah yang kita temui dalam Mempelajari Ilmu Teknik Sipil kita anggap sebagai sebuah tantangan untuk kita.

Jika kita Mempelajari Ilmu Teknik Sipil sebagai seorang Mahasiswa maka tentu hal kita dituntut untuk mengetahui Ilmu tersebut karena nanti nantinya Ilmu Teknik Sipil yang kita pelajari Akan dipertanggungjawabkan kepada Masyrakata dalam bentuk kreatifitas kita untuk berkonstribusi terhadap permasalahan seputar Dunia Teknik Sipil.

Manajemen Waktu Pembelajaran Ilmu Teknik Sipil

Hampir semua bidang kehidupan waktu merpakan hal yang sangat penting untuk sebuah kesuksesan, jika waktu tidak dikelolah dengan baik maka akan mempersulit kita untuk kesuksesan. begitu halnya dengan Belajar Imu Teknik Sipil dalah hal ini kita sebagai Mahasiswa yang sementara Kuliah dengan Jurusan Ilmu Teknik Sipil. Karena begitu banyaknya Ilmu yang dipelajari di Teknik Sipil maka dibutuhkan Manajeman yang baik untuk mengelolah semua mata kuliah yang kita pelajari.

Tentukan target Belajar Ilmu Teknik Sipil

Belajar Teknik Sipil
Untuk Belajar ilmu Teknik Sipil kita harus memiliki Tujuan yang kita targetkan untuk bisa menguasai dan mengetahuinya.Impian meruapakan hal utama yang menjadi Priorotas. jika kita punya impian maka kita bisa dengan mudah mengatur mengatur langkah-langkah apa yang kita lakukan untuk meraihnya.

Langkah pertama setelah kita membuat daftar Impian yang ingin kita wujudkan dengan menentukan target kapan Impian itu bisa kita wujudkan. dalam hal ini di Contohkan kita menginginkan bahwa pada semester berjalan ini seluruh Mata Kuliah yang kita pelajari mendapatkan Nilai A dan dibarengi dengan Kualitas pengetahun yang kita dapatkan dengan Mata Kuliah tersebut. Maka kita harus mengetahui syarat-syarat yang harus diperlukan untuk mewujudkan itu. setelah mengetahui Syarat-syarat yang dibutuhkan maka kita harus membuat jadwal Belajar setiap mata Kuliah. jadwal yang dimaksudkan adalah bukan jadwal mata kuliah melainkan Jadwal belajar kita sendiri.

yang terpenting setelah kita mengatur jadwal Belajar setiap pada Kuliah adalah kekonsistenan kita dan tetap fokus untuk menjalankan apa yang sudah di jadwalkan. hal yang paling sulit adalah merubah kebiasaan lama kita. karena dengan mengatur jadwal seperti itu berarti sama halnya dengan m,erubah kebiasaan kita. karena waktu yang kita meiliki untuk berhura-hura pastinya sangat minim. disinilah letak kesuksesan tersebut. terkadang kita selalu merasa nyaman untuk berada di zona kenyamanan dan lingkungan juga sangat mempengaruhi kekonsistenan itu tetapi jika anda memiliki komitmen yang kuat maka semua itu bisa anda lewati untuk menuju apa yang menjadi tujuan anda.

Mengatur Folder Mata Kuliah di Komputer

Setelah membuat daftar Impian, mengatur Jadwal, dan belajar Konsisten dengan Jadwal yang kita buat, maka selanjutnya adalah Teknik manajemen file dari setiap mata Kuliah yang kita ambil dan sudah kita jadwalkan tersebut. caranya yaitu Buatlah Foldel Umum dengan nama Semester berjalan. setelah itu didalam Folder umum tersebut buatkanlah Folder-folder setiap mata Kuliah yang diprogramkan. dan setiap Folder Mata Kuliah juga dibuat Folder Inti yang berisi Folder Tugas Teknik Sipil, Folder Materi Kuliah, Folder presentasi, Folder Contoh-contoh soal Ujian, dan Folder refernsi.

Setiap Folder inti yang dibuat tersebut harus diisi sesuai file - file yang dibutukan. untuk itu anda harus mencari dan membuat file-file tersebut, maksud dari folder itu adalah untuk memudahkan anda untuk tetap fokus dan bisa mengukur kemampuan pengatahuan masali-masing mata kuliah semakin banyak file yang terisi di folder tersebut menunjukan seberapa besar yang sudah dipelajari.

Cara Mencari Referensi Ilmu Teknik Sipil

Setelah anda membuat Folder maka anda bisa mencari referensi atau file dari internet ataupun dari buku yang kemudian anta ketik. file yang di cari biar lebih sistematis maka harus berdasarkan Topik Kuliah yang sementara berjalan. setelah mengikuti proses kuliah Teknik Sipil dikampus dengan Topik tertentu, maka selanjutnya sesuai dengan jadwal yang anda susun carilah referensi berdasarkan topik tersebut. Jika ada tugas anda bisa membuat dengan menggunakan referensi yang dapatkan tersebut dan masukan file tugas di folder yang telah dibuat. semua file harus dimasukan pada foldernya. kemudian setiap topik anda buatkan Soal-soal tambahan dilengkapi dengan jawaban yang anda cari melalui referensi yang didapatkan.

Sekedar tambahan referensi yang anda cari bisa berupa Artikel Teknik Sipil, Jurnal Teknik Sipil, Skripsi Teknik Sipil, dan Makalah Teknik sipil. Filenya bisa berbentuk PDF, Word, Power point. cara mencarinya pertama-tama anda mengetik di Search enggine dengan keyword " free search enggine PDF/word/power point". setelah itu bukalah salah satu search enggine yang dimaksud. dan masukan kata kunci referensi yang mau dicari itu.

Download Ebook Gratis Teknik Sipil melalui Internet

Selain yang dibahas diatas maka langkah selanjutnya anda juga bisa mendownload Ebook Teknik Sipil Gratis yang telah disediakan disitus-situs Teknik Sipil di Internet sebagai referensi untuk di Folder anda. untuk mengetahui cara mendapatkan Buku Teknik Sipil dalam bentuk Ebook Teknik Sipil maka anda bisa membaca tulisan Tentang BUKU TEKNIK SIPIL diblog Kampus-sipil ini.

Mengikuti Kursus Software yang sering dipakai dalam  Ilmu Teknik Sipil.

Di Dalam Ilmu Teknik Sipil ada banyak hal yang tidak dipelajari secara spesifik di ruang perkuliahan, misalnya yang berhubungan dengan penggunaan Software Teknik Sipil. nah untuk lebih memperdalam pengetahuan anda di Bidang Ilmu teknik sipil, maka sebaiknya anda mencari tempat kursus Ilmu Teknik Sipil untuk belajar disitu. biasanya penggunaan Software Teknik Sipil yang dipalajari melalui kursus diantaranya adalah Kursus Tentang SAP2000, Kursus Software Etabs, Kursus AutoCAD, Kursus SketChup, Dsb.

Demikianlah Tulisan tentang Belajar Ilmu Teknik Sipil. cara-cara tersebut merupakan cara yang saya lakukan untuk mempelajari Ilmu Teknik Sipil. karena sebelumnya banyak waktu yang terbuang sia-sia makanya dengan cara Manajemen Pembelajaran Ilmu Teknik Sipil ini diharapkan kita bisa merubah kebiasaan - kebiasaan lama. menggantikannya dengan cara baru yang terjadwalkan, sistematis dan bisa digunakan dengan sebagai bahan evalasi penguasaan Ilmu Teknik Sipil anda.

Jika anda punya cara-cara yang lain untuk Belajar Ilmu Teknik Sipil, mungkin anda bisa berbagi dikolom Komentar di Bawah ini.

Anda Juga Bisa Membaca Artikel lainnya tentang Ilmu Teknik Sipil

Syarat Perancangan Beton Menurut SNI

Cara Mendapatkan Buku Teknik Sipil gratis

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Belajar Ilmu Teknik Sipil
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.kampus-sipil.com/2013/01/cara-belajar-ilmu-teknik-sipil.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

5 comments:

Filfa love Tiles said...

berkreasi terus k.....

Taufick Max said...

@ Filfa : Terima Kasih Atas Suportnya..

Dino Adisaputra said...

Menarik sekali bang. hmm, semoga ini bermanfaat bagi saya. Amin. terima kasih bnyk.

Dino Adisaputra said...

menarik sekali bang..hmm, semoga ini bisa bermanfaat bagi saya. Amin. terima kasih banyak. sukses selalu (y)

Taufick Max said...

@ Dino : Terima Kasih Yah. Sudah Mampir Ke blog ini. Salam Kenal.

Post a Comment

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer