Cara Membuat Makalah Teknik Sipil

Posted by Taufick Max Wednesday, February 6, 2013 0 comments
Share on :

Cara Membuat Makalah Teknik Sipil

Menulis Makalah Teknik Sipil

Dalam Perkuliahan Teknik Sipil kita selalu berhadapan dengan tugas-tugas Teknik Sipil. salah satu Tugas yang biasa diberikan oleh Dosen yaitu tentang Pembuatan Makalah Teknik Sipil

Untuk itu pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Apa sih sebenarnya Defenisi Makalah Teknik Sipil ?, Bagaimana cara membuat Makalah Teknik Sipil dengan Mudah ? dan dimana kita bisa mencari Sumber referensi. oke, berikut adalah pembahasan Makalah Teknik Sipil.


Defenisi Makalah

Sebelum kita mendefinisikan apa itu Makalah Teknik Sipil maka kita harus mengetahui dulu tentang Defenisi Makalah secara Umum. adapun Defenisi Makalah Secara Umum, yaitu :

- Makalah adalah Tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan sering disusun untuk diterbitkan.

- Makalah adalah Karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau Tugas perkuliahan di perguruan tinggi.

Karakteristik Makalah

Adapun Karakteristik dari Makalah yaitu :

- Makalah merupakan Hasil suatu analisa atau Laporan kondisi lapangan terhadap sebuah kegiatan.
- Pengujian terhadap Pengetahuan Mahasiswa pada permasalahan teori yang dianalisa atau cara penerapan prinsip sebuah teori.
- Memiliki kemampuan untuk menggabungkan berbagai informasi menjadi satu kesatuan Topik dalam tulisan.
- Kemampuan memahami informasi yang didapatkan dari berbagai sumber yang dimasukan di dalam sebuah tulisan

Jenis Jenis makalah 

Jenis - jenis makalah ada dua yaitu Makalah Biasa dan Makalah Posisi.

Makalah Biasa atau Common paper adalah bentuk kemampuan seseorang terhadap permasalahan yang dikaji dan bersifat deskriptif. dialam makalah ini akan disampaikan berbagai macam teori. tetapi pembuat makalah tidak bisa memihak terhadap pandangan atau teori tertentu.

Makalah Posisi atau Position paper adalah  Makalah yang dibuat berdasarkan berbagai macam sumber teori namun se penulis memiliki pandangan untuk memihak salah satu toeri didalam tulisan tersebut, dengan argumentasi yang rasional.

Pengertian Makalah Teknik Sipil

Dari penjelasan Makalah Secar Umum diatas dapat kita simpulkan Bahwa Arti dari Makalah Teknik Sipil yaitu Sebuah Karya Ilmiah yang dibuat Baik oleh Mahasiswa Teknik Sipil maupun orang - orang yang mengangkat Topik tentang Keteknik Sipilan dalam sebuah tulisan, dengan menghimpun beberapa Teori Teknik Sipil tentang satu Topik tertentu dengan tujuan untuk menjelaskan kesesuaian antara teori dengan Kondisi lapangan dan atau sebagai karya tulis untuk menambah pengetahuan mahasiswa tentang Topik tertentu dalam Ilmu Teknik Sipil.

Sistematika Penulisan Makalah Teknik Sipil

Dalam penulisan Makalah Teknik Sipil, maka sistematika penulisannya sama seperti Penulisan Makalah pada Umumnya.

Berikut sistematika Penulisan Makalah Teknik Sipil.


BAB I PENDAHULUAN

Dalam Bab pendahuluan ini, akan dibahas tentang Dasar pikir yang membuat kita memilih untuk membahas dan menulis topik tersebut. dasar pikir tersebut harus objektif berdasarkan kondisi lapangan atau berdasarkan teori.

Selain Dasar pikir atau Latar belakang dari alasan penulisan Topik yang kita pilih. pada BAB 1 juga akan dibahas tentang Outline dari Masalah atau Topik Bahasan yang pilih, serta menjelaskan tentang Maksud dan Tujuan sampai pada Hasil yang ingin dicapai dalam Penulisan Makalah Teknik Sipil itu.


BAB II PEMBAHASAN


Dalam Bab Pembahasan kita akan menghimpun dan menjelakan semua informasi yang berhubungan dengan Topik yang kita bahas dan tentu berlandaskan pada teori-teori atau data-data yang valid untuk mendukung keilmiahan Makalah Teknik Sipil yang dibuat.

BAB  III PENUTUP

Sementara pada Bab Penutup ini berisi Hasil dari beberapa teori atau data yang kiat buat dalam bentuk Kesimpulan Makalah, Output atau hasil yang mau diterapkan, dan Saran dari penulis kepada Orang ataupun Instansi terkait dengan Topik yang dibahas  berdasarkan hasil analisa dari Makalah Teknik Sipil yang dibuat.

Kemudian yang terakhir adalah Daftar Pustaka yaitu sebuah Catatan tentang sumber literatur atau referensi yang Penulis gunakan dalam Penulisan Makalah Teknik Sipil tersebut. dan selanjutnya adalah Daftar lampiran yaitu jika ada Data-data Berupa Grafik, angka-angka yang dianggap penting kemudian dimasukan dalam daftar lampiran serta diberikan tanda tentang keterkaitannya dengan pembahasan dalam halaman Makalah tersebut
Tips Membuat Makalah Teknik Sipil


Mungkin itu saja pembahasan pada kesempatan ini di Blog Kampus Teknik Sipil Indonesia. sebagai Mahasiswa Teknik Sipil yang selalu diperhadapkan Pada Tugas-tugas besar dan tugas-tugas lab. maka membuat Suatu Makalah Teknik Sipil dengan Topik tertentu saya pikir tidaklah terlalu sulit. Oke, teman-teman Civil engginering sekalian jika ada kata-kata yang salah atau huruf yang kurang dalam penulisan ini mohon dimaafkan dan silahkan berkomentar. jika ada yang memiliki pengetahuan lain tentang Cara Pembuatan Makalah Teknik Sipil, mungkin bisa di Sharingkan disini. Terima Kasih.

Salam Merah Hitam.

Anda Juga Bisa Membaca Artikel Lain Tentang Teknik Sipil :

Cara Mendapatkan Buku Teknik Sipil gratis
Cara Belajar Ilmu Teknik Sipil  
Mengenal Jurusan Teknik Sipil

 



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Membuat Makalah Teknik Sipil
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.kampus-sipil.com/2013/02/cara-membuat-makalah-teknik-sipil.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 comments:

Post a Comment

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer