Kuliah S2 Teknik Sipil

Posted by Taufick Max Saturday, February 2, 2013 0 comments
Share on :

Kuliah S2 Teknik Sipil

Kuliah S2 Teknik Sipil
Kebanyakan Mahasiswa Teknik Sipil yang sudah Lulus S1 yang mau melanjutkan ke S2 Teknik Sipil suka mencari informasi tentang bagaimana bisa kuliah S2 Teknik Sipil. untuk itu pada kesempatan ini saya akan membahas tentang bagaimana kita Bisa Kuliah S2 Teknik Sipil.

Persyaratan S2 Teknik Sipil

Hal pertama yang harus dilakukan tentunya harus mendaftar dulu sebelum test. dan biasanya setiap Pendaftaran Memiliki Persyaratan. Persyaratan setia kampus bisa saja berbeda, namun rata-rata persyaratan Mendaftar S2 Teknik Sipil yaitu :

- Fotocopy ijasah S1 yang sudah dilegalisir dari PTN atau PTS masing-masing .
- 4 (empat) buah pasphoto berwarna ukuran 2x3.
- 2 (dua) buah surat rekomendasi dari dosen pembimbing atau atasan ditempat kerja.
- Akta Kelahiran.
- Fotocopy KTP
- Bagi mahasiswa tugas belajar dari kantor, harus ada ijin belajar dari pimpinan instansinya.
- Nilai TOEFL Minimum 400
- Curriculum vitae
- IPK Minimum 2.75
- Lulus Tes dan wawancara
- Membayar Biaya Perkuliahan dan Admistrasi

Jurusan/Konsentrasi S2 Teknik Sipil

Belajar S2 Teknik Sipil
Adapun Konsentrasi S2 Teknik Sipil sama seperti Kuliah Teknik Sipil S1, Yaitu :

Konsentrasi Studi Manajemen Konstruksi (MK)

Ilmu Teknik SIpil yang dipelajari dalam Kuliah S2 Teknik Sipil yaitu Perenc.Penjadw. & Pengendalian Proyek,Metode Konstruksi & Alat-Alat Berat,Investasi dan Keuangan Proyek, Manajemen Konstruksi,Estimasi Biaya Konstruksi dan Kontrol,Rekayasa Nilai Konstruksi,Mjm. Sumber Daya Manusia,Statistik Lanjut,Sistem Dinamis,Aspek Hukum & Administrasi Proyek, Manajemen Pembiayaan Proyek, Analisis Produktivitas,Teknik Konstruksi,Manajemen Sistem Informasi, dan Manajemen Risiko.

Konsentrasi Studi Transportasi (TP)

Dalam Bidang Transportasi yang dipelajari yaitu Teori Aliran Lalu Lintas, Topik Khusus dalam Transportasi, Sistem Angkutan Umum, Keselamatan Lalu Lintas, Pengendalian Lalu Lintas, Perencanaan Transportasi, Pemodelan Transportasi, Perencanaan Transportasi Umum, Kebijakan Transportasi, Pengembangan Jalan, Perancangan Struktur Perkerasan. Dll

Konsentrasi Studi Struktur (ST)

Dalam Kuliah S2 Teknik Sipil konsentrasi Struktur yang dipelajari yaitu  Metode Elemen Hingga, Dinamika Struktur, Teori Elastisitas, Konstruksi Beton Bertulang Lanjut, Teknik Pondasi Lanjut, Metode Matriks, Konstruksi Baja, Metode Elemen Hingga Lanjut, Dinamika Struktur Lanjut, Teori Pelat, Konstruksi Beton Bertulang, Perencanaan Struktur Tahan Gempa, Teknik Pondasi Lanjut, Struktur Jembatan, Metode Matriks Lanjut, Konstruksi Baja Lanjut. Dll.

Konsentrasi Studi Sumber Daya Air

Ilmu Teknik Sipil yang dipelajari dalam bidang Sumber daya Air yaitu Permasalahan keairan merupakan hal mendasar terkait dengan kebutuhan pokok kehidupa. Diperlukan SDMdengan tingkat pengetahuan dan pemahaman permasalahan bidang keairan yang memadai dan memiliki kemampuan dalam pengambilan keputusan secara tepat guna mencapai pengelolaan sumberdaya air yang efektif dan berkelanjutan. Pengelolaan sumberdaya air yang kurang baik akan menimbulkan masalah yang rumit dan berkepanjangan akibat dampaknya yang luas, misalnya kekeringan, banjir, penurunan kualitas air, ketidakseimbangan supply dan demand air, dsb

Konsentrasi Studi Geoteknik

Dalam Kuliah S2 Teknik Sipil bidang Geoteknik yang dipelajari yaitu Seluruh bangunan teknik sipil baik bangunan keairan, struktur, jalan maupun geoteknik menumpang diatas tanah atau batuan. Problem yang dijumpai adalah karakteristik tanah atau batuan yang tidak memenuhi persyaratan konstruksi. Kerusakan infrastruktur bangunan yang berkaitan dengan permasa-lahan gerakan tanah arah horisontal (tanah longsor), arah vertikal (penurunan), menimbulkan kerugian baik jiwa maupun materi yang tidak ternilai. Usaha-usaha perbaikan karakteristik tanah/batuan; misalnya stabilisasi baik phisis, mekanis (perkuatan tanah) maupun kemis, menjadi kunci yang sangat menentukan stabilitas bangunan teknik sipil

Universitas yang menyediakan S2 Teknik Sipil

Ada banyak Universitas di Indonesia yang membuka Program Pasca Sarjana/ S2 Teknik Sipil diantaranya yaitu :

- Universitas Trisakti Jakarta
- Universitas Indonesia
- Universitas Tarumanegara Jakarta
- Universitas Pelita Harapan Jakarta
- Universitas Jagakarsa Jakarta
- Institut Teknologi Bandung
- Universitas Gajah Mada.Dan sebagainya. 
Bagi anda yang mengetahui Universitas yang Membuka Program Pasca Sarjana Teknik Sipil, silahkan masukan dikolom komentar dibawah ini.

Mungkin itu saja sekedar gambaran tentang Kuliah S2 Teknik Sipil. jika anda punya pengetahuan yang lain, tentang Kuliah S2 Teknik Sipil, mohon di Bagikan di kolom komentar dibawah ini.

Anda Juga Bisa Membaca Artikel Lain Tentang Teknik Sipil :

Syarat Perancangan Beton Menurut SNI
Cara Mendapatkan Buku Teknik Sipil gratis
Cara Belajar Ilmu Teknik Sipil  
Mengenal Jurusan Teknik Sipil

 



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kuliah S2 Teknik Sipil
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.kampus-sipil.com/2013/02/kuliah-s2-teknik-sipil.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 comments:

Post a Comment

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer