Metode Pelaksanaan Pekerjaan Beton

Posted by Taufick Max Tuesday, March 12, 2013 0 comments
Share on :

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Beton

Metode Pelaksanaan pekerjaan Beton
   

Acuan dan perancah (Form Work) untuk Beton

Agar beton yang dibentuk benar-benar sesuai dengan rencana maka perlu dilakukan pemeriksaan kekuatan dari acuan dan perancah (Form Work). selain itu, perlu diperhatikan tingkat kebersihan dari cetakan/bekisting dan tulangan, agra tidak ada bahan -bahan yang dapat mengganggu beton.

Hal lain yang perlu perlu perhatikan apakah butir agregat yang paling besar dapat masuk kedalam cetakan dan beton decking atau tidak. Hal ini dilakukan agar tulangan tidak langsung bersentuhan dengan tanah yang akan membentuk course consrete. tindakan pembersihan dapat dilakukan dengna kompresor jika strukturnya besar.

Peralatan Pengecoran Beton

Peralatan pengecoran Beton

Peralatan pengecoran beton

 

Persiapan pengecoran beton menjadi penting karena  akan menjamin pelaksanaan pengecoran. peralatan pengecoran ini meliputi, Alat Aduk, Alat angkut, Alat pemadat, dan alat- alat untuk finishing.

Untuk pekerjaan pengecoran  yang besar, cadangan peralatan sebaiknya dipersiapkan dan disimpan ditempat yang terlindung dari sinar matahari. Alat angkut yang menggunakan talang sebaiknya dicat putih, begitu juga dengan mixer. pada pengecoran  dengan form-work berjalan, sliding fork atau slip-form, bahan (cement grouting) dan alat untuk perbaikan harus disediakan dilapangan.

Pelaksanaan dan penjadwalan pekerjaan beton

 

Untuk pengerjaan beton yang kecil, temperatur lingkungan sebaiknya dibawah 30 derajat dan dikerjakan sore hari. Jika dilaksanakan pada siang hari, sebaiknya diberi pelindung. Jika dilaksanakan pada pagi hari, hidrasi akan terjadi pada saat temperatur lingkungan berada pada puncaknya yakni siang hari.

Waktu pelaksanaan sebaiknya dijadwalkan secara baik. untuk pengerjaan yang besar dan kontinyu kordinasi antara batching plant ( Kontraktor ready Mix ) dan kontraktor pelaksana konstruksi harus berjalan baik, agar kemungkinan putusnya supply beton pada saat-saat yang tidak dikehendaki dapat dihindari.

Pekerjaan Beton

Penjadwalan ini menjadi penting karena akan menjamin pelaksanaan dan akan menurunkan delay cost yang tejadi, karena membayar tenaga pembersih ulang serta kehilangan waktu pengerjaan.

Penjadwalan itu mungkin tidak begitu masalah jika pekerjaan berlangsung di kota besar, dimana jumlah kontraktor ready mix banyak. hal ini akan menjadi masalah jika pekerjaan dilakukan di daerah di mana hanya ada satu kontraktor ready mix. penjadwalan yang dibuat meliputi suply material beton dan suply beton segar yang disesuaikan dengan kapasitas pengecoran.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang Metode Pelaksanaan Pekerjaan Beton  semoga bermanfaat. Jika ada yang salah mohon diberikan komentar dibawah ini.
 
Anda Bisa Membaca Artikel lain tentang Konstruksi Beton dibawah ini. Jika anda suka mohon Like dan diBagikan ke teman-teman  yang lain. Terima Kasih
  
  1. Aktivitas Pengerjaan Beton
  2. Cara Penuangan Beton dalam Air - New !!
  3. Cara Perawatan Beton Terbaru - New !!
  4. Cara dan Prosedur Penuangan Adukan Beton - New !!
  5. Cara dan Proses Pemadatan Beton - New !!
  6. Kebutuhan Beton Konstruksi di Indonesia
  7. Kebutuhan Dalam Penyeledikan Beton
  8. Kelebihan dan Kekurangan Beton
  9. Kinerja Beton Penting buat Konstruksi
  10. Komposisi Bahan Campuran Beton - New !!
  11. Kriteria Perancangan Campuran Beton
  12. Mengenal Beton dalam Dunia Teknik Sipil
  13. Pekerjaan Konstruksi Beton
  14. Penerapan Besi Beton Bertulang Pada Konstruksi
  15. Pengangkutan Beton Segar - New !!
  16. Pengenalan Form Work pada Proyek Konstruksi
  17. Pengerjaan Beton pada Cuaca Panas - New !!
  18. Perkerasan Jalan Beton Prategang
  19. Persyaratan Bahan Bangunan Beton
  20. Riwayat Perkembangan Beton
  21. Sifat dan Karakteristik Perancangan Beton
  22. Sifat-Sifat Beton Segar - New !!
  23. Syarat Pengadukan Beton SNI - New !!
  24. Syarat perancangan Beton SNI
  25. Tata Cara Pengadukan Beton - New !!
 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Metode Pelaksanaan Pekerjaan Beton
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.kampus-sipil.com/2013/03/metode-pelaksanaan-pekerjaan-beton.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 comments:

Post a Comment

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer