Alat Transportasi Tradisional Unik

Posted by Taufick Max Tuesday, April 30, 2013 0 comments
Share on :

Alat Transportasi Tradisional Unik


Alat Transportasi Tradisional sampai saat ini masih digunakan dibeberapa Kota di Indonesia. seiring beralan waktu dan datangnya zaman yan penuh dengan kecanggihan teknologi maka Inovasi juga terus dilakukan dibidang Transportasi. meski demikian Alat Transportasi Tradisional tak pernah ditingalkan dan selalu menjadi pilihan yang banyak membantu Masyarakat perkotaan maupun pedesaan.

Ada Karakterisitik tertentu yang membuat Alat Transportasi Tradisional saat ini menjadi  Alat Transportasi yang Unik dan terkadang sering menjadi sarana wisata di daerah-daerah tertentu. walaupun memiliki keterbatasan namun Alat Transportasi Tradisional masih sangat disukai khususnya untuk perjalanan dekat.

Berikut ini adalah Alat Transportasi Tradisional yang sampai saat ini masih digunakan di Indonesia.

Alat Transportasi Tradisional : Bendi

Alat Transportasi Tradisional Bendi
Bendi adalah Alat Transportas Tradisional yang menggunakan Kuda sebagai Pengerak. didaerah Ternate Alat Transportasi ini disebut dengan Bendi, sedangkan nama lain dari Bendi adalah Delman, Dokar, Atau Andong.

Saat ini Kota-kota yang masih mengunakan Bendi sebagai Alat Transportasi Tradisional diataranya adalah Ternate, Jogja, dan Jakarta. Biasanya Bendi hanya digunakan dalam Kota dan didaerah tertentu Bendi diguanakan sbagai Sarana Transportasi Wisata.

Bendi terdiri dari dua jenis, ada yang beroda Dua adapula yang memiliki Roda Empat, namun pda prinsipnya sama yaitu digerakan oleh Kuda. Eksistensi Alat Transportasi Tradisional di Zaman Modern ini, membuat Bendi merupakan Alat Transportasi Tradisional yang Unik.

Alat Transportasi Tradisional : Becak

Alat Transportasi Tradisional Becak
Selain Bendi atau Delman Alat Transportasi Tradisional lain yang masih digunakan saat ini di Indonesia adalah Becak. Becak merupakan alah satu moda transportasi yang beroda tiga yang masih bisa ditemui dibanyak daerah di Indonesia.

Tentu saja Alat Transportasi ini sangat ramah lingkungan karena tidak menyebabkan Polusi Namun khususnya di Jakarta Becak sudah tidak ditemukan dan digantikan dengan Alat Transportasi Tradisional lainnya yaitu Bajaj.

Namun dibeberapa Daerah Seperti Halmahera, Jawa, dan beberapa daerah yang lain Becak masih digunakan sebagai Alternatif Transportasi jarak dekat.

Walaupun saat ini ada Jenis Jenis Becak yang sudah dimodifikasi dengan menggabungkannya dengan Motor namun Becak yang memakai Tenaga Manusia masih juga banyak digunakan. tentu masing masing memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri.

Alat Transportasi Tradisional : Gerobak Sapi

Alat Transportasi Tradisional Gerobak Sapi

Alat Transportasi Tradisional Gerobak

 

Gerobak sapi yaitu salah satu jenis Alat Transportasi yang menggunakan Hewan Sapi untuk menarik atau menggerakanya. umumnya meggunakan Dua roda, baik yang terbuat dari Kayu yang dibuat sediri ataupun menggunakan Roda Mobil.

Saat ini masih banyak didaerah-daerah yang menggunakan Gerobak sebagai Alat Transportasi, Misalnya didaerah Hamahera dan Jawa yang masih menggunakannya. Gerobak Sapi kebanyakan dijadikan sebagai Alat Trasportasi bagi petani-petani di Desa Untuk Mengangkut hasil pertanian mereka. misalnya kalau di daerah Halmahera sering menggunakan Gerobak sapi sebagai Alat pengangkut Hasil panen seperti Kopra dan sebagainya.

Mungkin hanya itu saja beberapa Alat Trasportasi Tradisional Unik yang masih digunakan di Indonesia. Jika anda memiliki informasi lain tentang Alat Transportasi Tradisional mohon dibagikan Infonya disini.

Anda Bisa Membaca Artikel lain tentang Transportasi  dibawah ini. Jika anda suka mohon Like dan di Bagikan ke teman-teman  yang lain. Terima Kasih


  1. 10 Rel Kereta Api Terindah di Dunia
  2. Alat Transportasi
  3. Alat Transportasi : Angkutan Individu
  4. Analisis Kondisi Jaringan Jalan
  5. Bus Rapid Transit-Busway
  6. Gambar Alat Transportasi
  7. Gambar Alat Transportasi Darat
  8. Gambar Alat Transportasi Tradisional - New !!
  9. Jalan Baja : Rel Kereta Api
  10. Jalan Tol Pertama di Indonesia
  11. Katagori Angkutan Umum
  12. Kebijakan Pembangunan Transportasi Indonesia
  13. Kenapa Butuh Perencanaan Jalan Raya
  14. Kereta Api Perkotaan Indonesia
  15. Konsep Pengelolaan Angkutan Umum Di Perkotaan
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Alat Transportasi Tradisional Unik
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.kampus-sipil.com/2013/04/alat-transportasi-tradisional-unik.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 comments:

Post a Comment

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer