Struktur Organisasi Proyek Kontraktor

Posted by Taufick Max Thursday, April 18, 2013 2 comments
Share on :

Struktur Organisasi Proyek Kontraktor

Contoh Struktur Organisi Proyek
Struktur Organisasi Proyek Kontraktor adalah sebuah kerangka atau bagan tentang keterlibatan dan keterkaitan beberapa orang yang saling berhubungan dalam satu lingkup dan telah melakukan kontrak dengan owner dengan tujuan menyelesaikan suatu proyek Konstruksi.

Untuk itu ada beberapa Jenis Struktur Organisasi Proyek Kontraktor yaitu :

Struktur Organisasi Proyek Kontraktor

Struktur Organisasi Proyek Kontraktor Tradisional

ciri dari struktur organisasi ini yaitu Konsultan perencanaan terpisah atau berada langsung dibawah owner. Kontraktor Utama tunggal dimana dibawah kontraktor Utama ada juga Sub-Kontraktor. ciri yang paling menonjol dari Struktur Organisasi Kontraktor ini yaitu banyak melibatkan Sub-Kontraktor atau Kontraktor Utama mengerjakan sendiri pekerjaannya.

Jenis-jenis Kontrak yang biasanya diterapkan pada organisasi Proyek Tradisional yaitu Kontrak harga tetap, Kontrak Harga satuan, Maksimum Bergaransi, atau Kontrak Biaya tambah-upah tetap.

Organisasi Proyek Kontraktor Swakelola (Pembangun-Pemilik)

Dalam Strukrtur Organisasi ini memiliki ciri yaitu Pemilik proyek bertanggungjawab atas perencanaan dan pelaksana proyek bertindak sebagai konsultan perencana dan kontraktor. Pekerjaan dapat dikerjakan sendiri secara fakultatif atau dikerjakan oleh sub-kontraktor.
Jenis Kontrak yang biasanya digunakan dalam struktur Organisasi Kontraktor ini yaitu Kontrak Harga tetap, Kontrak harga satuan atau Kontrak yang dinegosiasikan.

Struktur Organisasi Kontraktor Proyek Putar Kunci

Bentuk Struktur organisasi putar kunci yaitu dimana konsultan kontraktor berfungsi sebagai perencana dan pelaksana dengan ciri :Satu Perusahan yang bertanggungjawab baik untuk perencanaan maupun pelaksanaan Konstruksi,Melibatkan Kontraktor Spesialis, dan Jenis Kontrak yang diterapkan adalah Kontrak Harga tetap, Kontrak Harga Maksimum bergaransi, Kontrak konstruksi desain dengan biaya tambah upah tetap.

Struktur Organisasi Proyek Kontraktor Memisahkan Perencanaan-pengawasan

Bentuk dari organisasi proyek ini yaitu organisasi proyek memisahkan kegiatan perencanaan dengan kegiatan pengawasan pelaksanaan proyek sehingga Pihak yang bertanggungjawab terhadap kegiatan perencanaan berbeda dengan pihak yang bertanggungjawab terhadap pengawasan.

Organisasi Proyek menggunakan Konsultan Manajemen

ciri-ciri dan bentuk organisasi proyek yang menggunakan konsultan manajemen sebagai manajer konstruksi dan manajer konstruksi umumnya bertindak sebagai wakil dari pemilik proyek.


Mungkin itu saja yang bisa disampaikan tentang Struktur Organisasi Proyek Kontraktor. Jika teman-teman memiliki Informasi yang lain mohon disharingkan disini.
Demikianlah sedikit pembahasan tentang Struktur Organisasi Proyek Kontraktor semoga bermanfaat. Jika ada yang salah mohon diberikan komentar dibawah ini.
 
 
Anda Bisa Membaca Artikel lain tentang Kontaktor  dibawah ini. Jika anda suka mohon Like dan di Bagikan ke teman-teman  yang lain. Terima Kasih
  1. Alamat Kontraktor Bali - New !!
  2. Asosiasi Kontraktor Jalan dan Jembatan Indonesia
  3. Kontraktor Kolam Renang
  4. Tips Memilih Kontraktor Konstruksi Baja - New !!
  5. Kontraktor Mekanikal Elektrikal
  6. Daftar Alamat Kontraktor di Bandung
  7. Contoh Profil Perusahaan Kontraktor
  8. Kontraktor Gedung Terbaik Di Indonesia - New !!
  9. Lowongan Pekerjaan Kontraktor Elektrikal - New !!
  10. Lowongan Kerja Kontraktor Teknik Sipil - New !!
  11. Sejarah Asosiasi Kontraktor Indonesia (AKI) - New !!
  12. Tips Memilih Jasa kontraktor bangunan Rumah
  13.  PT. Adhy Karya Pelaksana Jalan Tol Bali.
  14. Daftar 10 kontraktor Indonesia 
  15.  Daftar Perusahan Kontraktor Pendiri Aki 
  16.  Cara Memilih Nama Perusahan Kontraktor 
  17. Cara membuat Company Profile Kontraktor - New !!
  18. Memilih Pekerjaan Kontraktor Bangunan -
  19. Asosiasi Kontraktor Indonesia 
  20. Daftar Alamat Kontraktor Sipil

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Struktur Organisasi Proyek Kontraktor
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.kampus-sipil.com/2013/04/struktur-organisasi-proyek-kontraktor.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

2 comments:

Endang Kusman said...

1. Saya baru mendengar Organisasi Kontraktor Putar Kunci dimana perencanaan dan pelaksanaan dan pelaksanaan dilakukan oleh satu perusahaan. Mohon penjelasannya.

2. Mengenai konsultan manajemen, biasanya suatu pelaksanaan proyek2 besar memerlukan itu (MK). Saya mau tanya, proyek yang memerlukan MK tersebut batasannya nilai proyek atau tingkat kesulitan pelaksaan proyek ? Mohon penjelasannya.

Taufick Max said...

For Bpk Endang Kusman

1. Untuk organisai Putar Kunci pada prinsipnya sama saja dgn yg lain hanya metode kerjanya yaitu Pihak Kontraktor juga berfungsi sebagai perencana. lebih jelasnya bisa di baca tentang ORGANISASI PUTAR KUNCI (Turn-Key). agak aneh artinya karena itu Bahasa ingris yang di Indonesiakan... tapi bayak Buku yang membahas tentang Struktur Organisasi Kontraktor Putar Kunci ini (Turn-Key)

2.Setiap Proyek pasti memiliki MK. namun Konsultan MK itu tergantung keinginan Pemilik Proyek atau Owner karena Konsultan MK itu perwakilan dari OWNER untuk memantau pekerjaan Kontraktor. walaupun setiap Perusahan Kontraktor juga memiliki MK tersendiri, namun komunikasi antara Konsultan MK dan Pihak Kontraktor harus berjalan baik agar menciptakan Mutu Proyek yang sesuai dengan Keinginan Owner dengan Biaya yang ditekan seminimal mungkin.

Dilihat dari Profil bapak saya yakin bapak banyak pengalaman di Bidang Proyek. heheheh

Saya masih Butuh bimbingan Pak, kalau ada yang salah mohon di Koreksi

Post a Comment

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer