Kriteria Seleksi Peserta Lelang Tender Proyek

Posted by Taufick Max Saturday, May 25, 2013 0 comments
Share on :

Kriteria Seleksi Peserta Lelang Tender Proyek

 

Kriteria Seleksi Peserta Lelang Tender Proyek- Kriteria seleksi, baik yang disusun untuk prakualifikasi maupun yang dipergunakan untuk dasar evaluasi proposal, adalah tolak ukur yang dipakai sebagai pedoman untuk menetukan pemenang dan peringkat peserta lelang. Dalam menyun criteria seleksi harus dikaji secara mendalam parameter parameter yang akan dipakai. 

Hal ini terutama pada aspek manajemen yang banyak mengandung perameter parameter yang bersifat sudjektif. Criteria seleksi dapat dibedakan menjadi criteria untuk prakualifikasi dan criteria guna mengevaluasi proposal untuk menetukan pemenang dan peringkat.

Criteria Seleksi Untuk Prakualifikasi

Criteria ini menyangkut masalah masalah manajemen dan kesiapan konsultan untuk mengikuti lelang. Pada dasarnya mencakup hal hal sebagai berikut.

•    Pengalaman keberhasilan menangani proyek sejenis.
•    Perna menangani pekrjaan dengan volume serata yang dinyatakan dalam besar biaya atau jam-orang.
•    Perna bekerja di Negara atau regional yang bersangkutan.
•    Indikasi tersedianya tenaga ahli pada waktu diperlukan.
•    Kondisi keuangan perusahan.

Keterangan atas hal hal tersebut dari para peserta akan menetukan lulus tidaknya dalm menempuh prakualifikasi selanjutnya.

Criteria Seleksi untuk Mengevaluasi proposal

 

Criteria ini lebih ketat dan lebih banyak mengandung persyaratan, serta dapat dikelompokan menjadi aspek teknik & manajemen (T & M) serrta aspek harga atau komersial.

1. Aspek Teknik dan Manajemen

Jawaban atas pertnyaan yang berkaitan dengan aspek T&M akan mencerminkan pengertian peserta lelang terhadap keinginan dan keperluan proyek dalam aspek T&M yang telah dirumuskan dalam TOR. Aspek ini diperincikan menjadi program kerja dan metodologi, kualifikasi perusahaan, beban kerja dan sumber daya, serta kualifikasi personil

Tata Cara Penilian
Terdapat banyak tata cara penilaian untuk menentukan pemenang dan peringkat. Salah Saturday diantaranya dengan memakai prosedur berikut.

Kolom 1 Penilaian lalang menentukan terlebih dahulu bobot maksimum aspek T&M berikut bobot Faktornya, misalnya 900. Kemudian dirinci untuk komponen komponennya (program kerja dan metodologi = 150, kualifikasi perusahaan = 200, beban kerja = 50,kualifikasi personil = 500).

Kolom 2  Masing – masing anggota panitia pengadaan memberikan angka penilaian yang menurut pendapatnya paling sesuai untuk setiap peserta lelanng.

2.    Aspek Harga atau Komersial

Pada proses seleksi, unsure unsure harga dijumlahkan untuk memperoleh total harga. Adapun biaya reimbursable diteliti untuk mengetahui perencanaan peserta lelang mengenai masalah tersebut dan perkiraan besar biaya yang bersangkutan.
Sumber ; Manajemen Proyek Imam Soeharto 
 
Anda Bisa Membaca Artikel lain tentang Manajemen Proyek  dibawah ini. Jika anda suka mohon Like dan di Bagikan ke teman-teman  yang lain. Terima Kasih

  1. Cara Membuat Proposal Proyek
  2. Cara Membuat Proposal Proyek 2
  3. Cara Pengadaan Konsultan Proyek
  4. Jasa dan Lingkup Kerja Kontraktor
  5. Jasa Konstruksi Dalam Kegiatan Proyek
  6. Peranan dan Kerja sama Para Peserta Proyek - New !!
  7. Jenis Kontrak hasil Penunjukan Langsung
  8. Paket Pengadaan Barang dan Jasa
  9. Pemilihan Peserta Tender Proyek Konstruksi
  10. Kerangka Acuan Kerja
  11. Kerjasama Dalam Proyek BOT - New !
  12. Memilih Jenis Proyek Konstruksi -New !
  13. Menerima dan Meneliti Proposal 
  14. Sorotan Khusus Kontrak Proyek Konstruksi
  15. Panitia Tender Proyek Konstruksi
  16. Pemilihan Kontraktor Harga Tidak Tetap New !
  17. Rencana Anggaran Biaya dan Program Kerja
  18. Rancangan Kontrak Proyek Kontruksi
  19. Cara Menyusun Kontrak Proyek Konstruksi
  20. Peraturan Usaha Jasa Kontruksi
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kriteria Seleksi Peserta Lelang Tender Proyek
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.kampus-sipil.com/2013/05/kriteria-seleksi-peserta-lelang-tender.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 comments:

Post a Comment

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer