Sejarah Transportasi Udara

Posted by Taufick Max Tuesday, June 4, 2013 0 comments
Share on :

Sejarah Transportasi Udara

 

 

Perkembangan transportasi dalam sejarah bergerak dengan sangat perlahan, berevolusi dengan terjadi perubahan sedikit-demi sedikit, yang sebenarnya diawali dengan perjalan jarak jauh berjalan kaki pada jaman paleolithic. Sejarah manusia menunjukkan bahwa selain berjalan kaki juga dibantu dengan pemanfaatan hewan yang menyeret suatu muatan yang tidak bisa diangkat oleh manusia dan penggunaan rakit di sungai. Beberapa rekaman mengenai transportasi terekam dalam relief yang dipahat dibatu pada daerah Mesir Kuno dan daerah sekitarnya seperti ditunjukkan dalam gambar.

Pengertian Transportasi Udara

Transportasi Udara adalah suatu sistem Transportasi yang mengatur jalannya perpindahan Barang dan manusia melalui Alat Transportasi Udara yaitu Pesawat Terbang dan Helikopter dengan kelengkapan sarana dan prasarananya.

Perkembangan Transportasi Udara

Perkembangan transportasi sebelum industrialisasi

Transportasi diawali dengan penemuan roda pada sekitar 3500 tahun sebelum masehi yang digunakan untuk mempermudah memindahkan suatu barang. ditunjukkan perkembangan didalam transportasi dari jaman ke jaman. Tetapi sebelumnya tentu ada pergerakan manusia ke Benua Australia yang diperkirakan terjadi 40.000 sampai 45.000 tahun yang lalu menggunakan suatu bentuk transportasi maritim.

Perkembangan Transportasi setelah jaman industrialisasi

Perkembangan transportasi setelah jaman industrialisasi berjalan dengan sangat cepat, inovasi berkembang sangat cepat demikian juga penggunaan transportasi berjalan dengan sangat cepat, dimulai dengan penerapan mesin uap untuk angkutan kereta api dan kapal laut, kemudian disusul dengan ditemukannya mesin dengan pembakaran dalam. Penemuan selanjutnya yang sangat mempengaruhi sistem transportasi adalah dengan dikembangkannya mesin turbin gas, yang kemudian menjadi turbo jet yang digunakan pada pesawat terbang. Di transportasi laut penemuan yang spectakuler adalah dengan pengembangan bahan bakar nulir, banyak digunakan untuk kapal selam. Pada Tabel berikut ditunjukkan perkembangan sistem transportasi

Macam Macam Transportasi Udara

Pesawat terbang

Pesawat Terbang adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap tetap atau disebut juga sebagai fixed wing, dan dapat terbang dengan tenaga sendiri. Wright bersaudara (Wright brothers)., Orville (19 Agustus 1871 - 30 January 1948) dan Wilbur (16 April 1867 - 30 May 1912) adalah dua orang Amerika yang dicatat sebagai penemu pesawat terbang karena mereka berhasil membangun pesawat terbang yang pertama kali berhasil diterbangkan dan dikendalikan oleh manusia pada tanggal 17 Desember 1903. Dua tahun setelah penemuan mereka, kedua bersaudara tersebut mengembangkan 'mesin terbang' mereka ke bentuk pesawat terbang yang memakai sayap yang seperti sekarang kita kenal. Walaupun mereka bukan orang yang pertama membuat pesawat percobaan atau experiment, Wright bersaudara adalah orang yang pertama menemukan kendali pesawat sehingga pesawat terbang dengan sayap yang terpasang kaku bisa dikendalikan.

Pesawat terbang merupakan moda yang sangat populer dalam melakukan perjalanan jarak menengah maupun panjang. Pesawat-pesawat komersil tertentu bahkan mampu terbang sampai sekitar 18 jam. Pesawat komersil yang populer digunakan saat ini adalah dari Boing 737 buatan Amerika Serikat dari berbagai seri, diantaranya seri 200, 300, 400, 500, 800 dan 900, kemudian disusul dengan pesawat Airbus buatan beberapa negara di Eropah dari seri 319, 320 dan 330.

Helikopter

Helikopter adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap putar atau yang disebut juga sebagai Rotary wing yang rotornya digerakkan oleh mesin. Kata helikopter[2] berasal dari bahasa Yunani helix (spiral) dan pteron (sayap). Sesuai dengan namanya, Helikopter merupakan pesawat sayap-berputar yang dapat bergerak naik turun secara vertikal dan bermanuver di udara memanfaatkan tenaga yang dihasilkan dari oleh satu atau lebih rotor (propeller) horizontal besar. Era baru perkembangan helikopter terjadi pada September 1939, sebuah helikopter Amerika pertama yang didesain oleh Igor Skorsky keturunan Rusia yang lahir di Amerika melalui Vought-Sikorsky Company. Helikopter ini bernama Sikorsky's VS-300, merupakan helikopter pertama yang sukses menggunakan rotor/baling-baling belakang (Tail Rotor) yang berfungsi untuk menetralkan tenaga putaran yang diproduksi oleh baling-baling utama.

Rotor atau sayap berputar pada helicopter berfungsi untuk mengangkat pesawat keatas dan untuk memajukan pesawat maka diberikan kemiringan sayap putar yang mengakibatkan pesawat bisa berjalan maju ataupun mundur. Karena sayap putar berputar ke satu arah maka harus dilengkapi dengan rotor yang ditempatkan dibuntut pesawat.

Balon udara

Balon udara panas adalah teknologi penerbangan pertama oleh manusia, ditemukan oleh Montgolfier bersaudara di Annonay, Perancis pada 1783. Penerbangan pertama dengan manusia diadakan pada 21 November 1783, di Paris oleh Pil√Ętre de Rozier dan Marquis d'Arlandes. Balon udara panas dapat dikendalikan dan bukan hanya dibawa angin yang dikenal dengan airship atau thermal airship

Masalah Transportasi Udara

Permasalahan yang kemudian timbul dengan perkembangan transportasi diera industrialisasi adalah jumlah penggunaan energy yang luar biasa dimana hampir seluruh moda angkutan menggunakan energi fosil. Pembakaran energi fosil pada transportasi modern pada gilirannya akan mengeluarkan emisi gas buang dimana sebagian besar dari emisi gas buang tersebut berupa gas rumah kaca yang pada gilirannya mengakibatkan pemanasan global. Oleh karena itu belakangan ini diupayakan untuk mencari enerji alternatif yang tidak mencemari lingkungan, mengalihkan transportasi kepada transportasi yang ramah lingkungan.

Transportasi udara baru berkembang pada zaman industrialisasi dimana tercatat dalam sejarah Orville and Wilbur Wright pada tanggal 17 Desember 1903, berhasil membuat penerbangan pertama, perkembangan transportasi udara kemudian berkembang pesat, dan sekarang ini digunakan untuk transportasi jarak menengah dan panjang. Keunggulah utama transportasi udara adalah kecepatan tinggi, sehingga waktu bertransportasi menjadi lebih pendek, namun biaya dan penggunaan bahan bakarnya tinggi sehingga hanya feasible untuk penumpang dan barang dengan nilai tinggi ataupun dibutuhkan dalam waktu yang cepat.

Masalah yang sering dihadapi dalam Transportasi Udara adalah Fasilitas yang kurang memadai dan biasanya akibat Cuaca buruk, beserta kesalahan navigasi pesawat. DI Indonesia sendiri banyak sudah terjadi peristiwa atau masalah yang berhubungan dengan transportasi udara. yang terakhir pada tahun 2013 ini adalah kecelakaan Pesawat Lion air di Bandara Bali. Faktor lain yang bisa menjadi Masalah Transportasi Udara dalam hal ini pesawat terbang adalah keahlian Pilot, namun biasanya Pilot yang gunakan detiap maskapi penerbangan memang sudah di uji dengan kompetensi khusus. meski permasalahan Transportasi tidak bisa di hilangkan 100% namun harus ada upaya dalam meminimalisir potensi masalah yang akan terjadi.

Gambar Transportasi Udara














Baca Artikel Tentang Transportasi Lainnya disini :
  1. 10 Rel Kereta Api Terindah di Dunia
  2. Alat Transportasi
  3. Alat Transportasi : Angkutan Individu
  4. Alat Transportasi Darat
  5. Alat Transportasi Darat Laut Udara
  6. Alat Transportasi Di Indonesia Jepang - New !!
  7. Alat Transportasi Laut Di Indonesia
  8. Alat Transportasi Modern
  9. Alat Transportasi Tradisional Unik
  10. Alat Transportasi Udara
  11. Alat Transportasi Zaman Dahulu
  12. Gambar Alat Transportasi
  13. Gambar Alat Transportasi Darat
  14. Sistem Transportasi Nasional di Indonesia
  15. Perkembangan Sistem Transportasi Di Indonesia
  16. Jasa Moda Transportasi Darat
  17. Sistem Transportasi Darat di Indonesia
  18. Sejarah Transportasi Darat  Di Indonesia
  19. Sekolah Tinggi Transportasi Indonesia
  20. Jenis Jenis Alat Transportasi Laut

Sumber referensi: www.id.wikibooks.org
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sejarah Transportasi Udara
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.kampus-sipil.com/2013/06/sejarah-transportasi-udara.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 comments:

Post a Comment

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer