Cara Desain Rumah Tinggal Sederhana

Posted by Taufick Max Tuesday, July 2, 2013 2 comments
Share on :

Cara Desain Rumah Tinggal Sederhana

Desain Rumah Tinggal Sederhana
Desain Rumah Tinggal Sederhana

Contoh Desain Rumah Sederhana
Cara Desain Rumah Tinggal Sederhana- Membangun sebuah rumah idaman merupakan impian bagi setiap orang, baik yang masih lajang ataupun sudah berumah tangga. Rumah Tinggal merupakan wadah pembinaan keharmonisan sebuah rumah tangga. Bila sebuah rumah dirancang dengan baik maka akan tumbuh suasana aman, nyaman, dan tenteram. Untuk itu, diperlukan tambahan wawasan bagi calon pemilik rumah mengenai segala hal yang berhubungan dengan bangunan rumah.

Untuk itu bagi anda yang kesulitan untuk Mendesain Rumah tinggal sederhana anda maka bisa anda gunakan jasa rancangan Arsitektur. keunggulan jika anda menggunaka Jasa Arsitektur yaitu selain ada nilai artistik juga sesuai dengan fungsi dan kebutuhan diantaranya:

- Pengaturan tata letak dan kebutuhan ruangan untuk sebuah rumah tinggal
- Pengaturan tata cahaya pada setiap ruangan disiang hari tanpa harus menyalakan listrik
- Pengaturan sirkulasi keluar masuknya udara yang membuat setiap ruang selalu dalam keadaan segar dan menyehatkan.
- Pengaturan daerah-daerah yang terbuka untuk keperluan penghijauan.
- Dan keunggulan lainnya.

Dalam Mendesain Rumah Tinggal Sederhana maka ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, yaitu :

Desain Denah Ruangan Rumah

- Mengatur Ruang pada Denah

Biasanya ruang yang dibutuhkan untuk Rumah Tinggal Sederhana yaitu :
1. Teras
2. Garasi
3. Ruang Tamu
4. Ruanga Keluarga
5. Ruang Makan
6. Kamar Mandi
7. Dapur
8 Gudang

Kemudian areal terbuka antara lain :
1. Ruang Jemur
2. Taman
3. Lahan yang menempatkan Septic tank, rembesan, dan sumur resapan air hujan

- Penempatan Denah Kusen Pintu dan Jendela

Pada Desain denah rumah Penempatan Pintu dan Jendelajuga perlu untuk direncanakan secara baik agar Sirkulasi dan cahaya bisa dengan maksimal masuk ke dalam ruangan. ada beberapa istilah kusen yang digunakan untuk jendela dan pintu diantaranya Kusen Tanpa Jalusi, Kusen dengan Jalusi, Kusen Gendung Kiri/kanan, Kusen jendela, dan Kusen Bovenlight

Untuk Ketinggian Lubang pintu Rumah tinggal umumnya menggunakan ukuran 2-2,10 M dari permukaan Lantai. Lebar pintu dari 70-90 cm. sementara ukuran jalusi sesuai dengan Desain anda, umumnya total tinggi kusen termasuk jalusi mulai dari 2,5-3 Meter. Tinggi Kusen Pintu berfungsi sebagai patokan dasar tinggi rendahnya kusen yang lain.

Perencanaa Pondasi Rumah

Kita ketahui bersama bahwa Pondasi dalam sebuah Konstruksi Termasuk Rumah Tinggal merupakan hal yang sangat penting, Tanpa Pondasi sebuah bangunan akan amblas masuk ke tanah, banyak dinding-dinding yang retak atau bahkan patah, Atap bisa menjadi Miring, dan Rumah Bisa saja runtuh

- Mengenal Macam-Macam Pondasi

Ada beberapa macam Pondasi untuk Rumah Tinggal Sederhana, sebagai berikut : 

1. Pondasi Rollag Bata
Pada awalnya pondasi Rollag bata merupakan pondasi yang aplikasikan untuk menopang berat beban pada bangunan. Namun saat ini Pondasi Rollag Bata telah lama ditinggalkan.selain mahal, pemasangannya pun membutuhkan waktu yang cukup lama serta tidak memiliki kekuatan yang bisa diandalkan. Pondasi jenis ini bisa digunakan untuk menahan beban ringan, Misalnya teras, Dll.

2. Pondasi Batu Kali
Pondasi batu kali sampai sekarang masih banyak digunakan oleh para perencana Konstruksi bangunan termasuk rumah Tinggal sederhana. Selain Kuat Pondasi ini pun masuh termasuk Murah.

3. pondasi sumuran
Pondasi Sumuran atau cyclop Beton menggunakan beton berdiameter 60-80 cm dengan ketinggian 1-2 meter. didalamnya di cor beton yang kemudian dcampur dengan batu kali dan sedikit pembesian diatasnya

4. Pondasi Plat Beton Jalur/Lajur
Pondasi Plat beton Jalur/lajur sangat kuat, sebab seluruhnya terdiri dari beton bertulang dan harganya lebih murah jika dibandingkan dengan pondasi batu kali. Ukuran lebar pondasi sama dengan ukuran Pondasi batu kali.

5. Pondasi Bor Mini/ Strauss Pile
 Pndasi Bor mini ini digunakan pada kondisi tanah yang jelek, seperti bekas empang atau rawa yang lapiran tanah kerasnya berada jauh dari permukaan tanah

- Memilih Macam Pondasi

Bagi yang anda yang mau memilih Jenis atau bentuk Pondasi mana yang akan diguanakn untuk bangunan rumah anda, maka yang perlu diperhatikan adalah jenis Tanah atau sifat tanah dimana Rumah anda akan dibangun, kemudian selanjutnya anda bisa bandingkan kekuatan dari setiap jenis Pondasi yang ada. dan tentu saja yang terakhir yaitu Harga dari pondasi Rumah yang mau dibuat tersebut sesuai dengan Budget anda atau tidak.

Desain Kolom Rumah

Kolom berfungsi sebagai penahan semua beban dari Atap. keberadaannya mutlak diperlukan bagi Rumah Tinggal beton. sebuah bangunan Rumah Sederhana akan kuat bila dilengkapi pondasi dengan sloof beton, kolom, dan ring balok. Gambar sistem kerja rangkaian struktur adalah sebagai berikut :

1. Berat atap diterima secara merata oleh ring balk
2. beban disalorkan ke Pondasi melalui Kolom
3. selain menerima limpahan beban dari kolom, pondasi juga menahan berat dinding yang ada diatasnya sehingga secara keseluruhan menahan beban bangunan.

Bila ada bangunan yang hanya memiliki Pondasi dan kolom saja maka beban atap akan diterima oleh dinding. Dalam jangka waktu tertentu Dinding yang demikian akan retak, karena tidak mampu menahan beban atap. Bila terjadi gempa atap bisa terlepas dan bangunan bisa rubuh.

Perencanaan Dinding Rumah Tinggal

Dinding merupakan Kulit bangunan dan bidang yang membentuk sebuah ruangan didalamnya. Fungsi dinding adala sebagai pembatas dan melindungi isi bangunan dari gangguan luar.

- Macam-macam Dinding

zaman Dahulu masyarakat masih menggunakan Dinding dari bambu dan ada juga yang menggunakannya dari Kayu ( Bahkan juga ada sampai sekarang). seiring berkembang zaman dinding saat ini dinding ada beberapa macam, yaitu

1. Dinding Bata Merah
2. Dinding Bata Kapur
3. Dinding Batako
4. Dinding Bata elcon atau Hebel
5. Dinding partisi papan Gypsum atau papan semen Fiber Glass

- Pemasangan Dinding

Agar dinding Rumah tinggal bisa kuat amak diperlukan media pengikat antara bata, yaitu adukan semen pasir sebagai pengisi atau perekat cela antara bata atau disebit dengan siar.

Biasanya pada dinding juga menggunakan Transram dimana memakai Siar adonan atau campuran siar 1:2. Tinggi siar biasanya dari atas slof 15-20 cm. bila ingin hemat pasangan transram bisa dibuat dengan acuan dari laintai 15 cm. Fungsi dari Transram  yaitu Menghindari naiknya air tanah atau kelembapan tanah hinga sampai keatas dinding dan menahan masuknya rayap pada plesteran

Desain Balok Beton Rumah

Balok beton untuk Bangunan Rumah tidak bertingkat disebut Ring Balok. Pada bangunan rumah bertingkat fungsi Balok antara lain, untuk menahan dinding lantai atas, menyatukan plat lantai beton, mengikat kolom bawah dan kolom atas.

- Ring Balok

Ring Balok bisa juga disebut dengan balok cincin, karena dipasang melingkar mengelilingi dinding rumah bagian luar. Ring Balok juga berfungsisebagai pengikat kolom dan pasanga dinding agar menjadi satu keutuhan mulai dari pondasi sampai atap. Bila pasangan dinding bata yang memakai kolom diatasnya tidak dipasang ringbalok, bisa berakibat dinding akan miring ke arah luar dan bila tidak diperbaiki maka Rumah Akan Runtuh.

- Balok Sopi-sopi

Selain ring Balok ada juga Balok Sopi-sopi yang berfungsi untuk menahan beban atap sekaligus mengikat pasangan dinding agar tidak runtuh. Balom sopi-sopi biasanya dipasang pada tepi dinding bagian atas. pada bagian ini rangka kuda-kuda kayu bisa ditiadakan. Gording bisa langsung menumpu pada balok sopi-sopi sehingga bisa menghemat rangka kuda-kuda

Perencanaan Atap Rumah

Atap merupakan penutup dari rangkaian sebuah bangunan. Atap berfungsi untuk melindungi Penghuni Rumah dari terpaan Angin, hujan, dan panas matahari.

- Model Model atap

Setelah Rencana Denah Rumah dilengkapi dengan Jendela dan pintu, selanjutnya desain Bentuk Atap Rumah dikehendaki. Bentuk atap Secara umum ada dua Macam yaitu :

1. Atap berbentuk Limas yang banyak terdapat karpus ( Nok ) dan jurai
2. Atap berbentuk pelana yang sangat sederhana, hanya memiliki sati atau dua buah Nok.

Model pelana terdiri dari pelana memanjang ke belakang atau pelana yang memendek ke arah samping, atau gabungan model limas dengan model pelana.

- Rangka Atap

setelah dikenal Model-Model atap Rumah tinggal, kini diperkenalkan berbagai macam bahan rangka Atap Rumah. Dipasaran ditawarkan banyak bahan untuk rangka Atap Rumah, dalam dunia rancang bangun Perumahan, ada beberapa jenis bahan atap yaitu ;

1. Rangka Atap kayu
2. Rangka atap beton
3. Rangka Atap Baja Profil
4. Rangka Atap baja Ringan

Mungkin itu saja sekilas penjelasan mengenai desain Rumah Tinggal Sederhana dan hal-hal penting yang perlu diperhatikan. jika anda bisa mengerti semua rangkaian sistem Membangun rumah Tinggal Anda, maka Anda bisa merencanakan Sendiri rumah Idaman anda. namun Jika anda masih ragu untuk membangun Sendiri Rumah tinggal maka sebaiknya anda memakai Jasa Arsitek atau Kontraktor Rumah sehingga Rumah yang dibangun bisa sesuai dengan Keinginan dan fungsi Rumah bisa anda rasakan dengan baik.






TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Desain Rumah Tinggal Sederhana
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.kampus-sipil.com/2013/07/cara-desain-rumah-tinggal-sederhana.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

2 comments:

Yung Dolah said...

Trimakasih. Artikel-nya bagus dan lumayan lengkap.

Yung Dolah said...

Trimakasih. Artikelnya lumayan lengkap.

Post a Comment

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer